SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KALURAHAN KARANGWUNI

Artikel

Pelayanan Prima dan Hasil yang Nyata, Kelompok Tani "Tani Rejo" mendapat Kunjungan dari Ditjen Horti

03 Oktober 2022 10:03:09  Karangwuni Digicom  78 Kali Dibaca  Berita Desa

Karangwuni (3/10) - Kelompok Tani “Tani Rejo” yang bertempat di Padukuhan Karanganyar Kalurahan Karangwuni mendapatkan kunjungan dari Kementerian Pertanian pada Minggu (2/10). Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur Direktorat Jenderal Holtikultura, Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Pemerintah Kalurahan Karangwuni, BPK Karangwuni, dan anggota kelompok tani "Tani Rejo" serta warga masyarakat sekitar.

Tani Rejo ini merupakan salah satu kelompok tani di Kalurahan Karangwuni yang sudah teregister dan telah berjalan selama 3 tahun dengan pelayanan prima dan hasil yang nyata. Selain itu, kelompok tani ini bisa disebut sebagai kelompok tani satu-satunya di Kalurahan Karangwuni yang telah menggunakan sistem pembayaran non tunai dengan menggandeng Bank BPD DIY melalui Agen Laku Pandai.

Sistem lelang yang dijalankan juga telah mengedepankan program digitalisasi dan menggunakan teknologi meskipun hanya sebatas WhatsApp Group. Digadang-gadang sebagai kelompok tani dengan pelayanan prima karena kelompok tani ini juga menyediakan kotak kritik dan saran seperti yang ada di kantor-kantor.

Dalam kunjungan ini, Ketua Kelompok Tani “Tani Rejo” Soleh Hamid menyampaikan bahwa setelah 3 tahun berjalan dengan hasil yang nyata, kegiatan lelang cabai yang dijalankan masih menumpang di teras rumah seorang warga dan belum memiliki bangsal pasar panen serta fasilitas penunjang yang memadai.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari, M.Si selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura menyampaikan bahwa Ia sangat mengapresiasi kinerja kelompok “Tani Rejo” yang luar biasa. Beliau juga berharap semoga setelah ini bangunan dan fasilitasi benih dapat segera masuk ke Tani Rejo. Namun, Beliau juga menyarankan untuk prasarana alat dapat mengusulkan ke Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo Ir. Muh. Aris Nugroho, MMA menyampaikan bahwa kondisi saat ini petani semakian berkreasi dan memperkuat posisi tawar.

“Saat ini petani semakin berkreasi memperkuat posisi tawar, hal ini terbukti dari maraknya kegiatan lelang cabai yang dilaksanakan masyarakat. Dengan dilelangkan, maka harga semakin meningkat dan tentunya mampu menstabilkan harga pasar,” jelas Kadis Pertapa Kulon Progo.

Anwar Musadad selaku Lurah Karangwuni juga turut menyampaikan harapan baik bagi kelompok tani “Tani Rejo”.

“Dengan keadaan kelompok yang sudah teregister dan sudah pasti ada, 3 tahun di teras rumah dengan hasil yang nyata dan barang yang mutu serta kualitasnya selalu dijaga, semoga usulan-usulan yang telah disampaikan dapat ditindaklanjuti dan dibahas bersama sehingga nanti ke depannya kelompok tani “Tani Rejo” dapat semakin berkembang dengan fasilitas yang tentunya cukup memadai,” jelas Anwar Musadad.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Sinergi Program

Agenda

Aparatur Kalurahan

Back Next

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : KARANGWUNI, WATES, KULON PROGO
Kalurahan : KARANGWUNI
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55653
Telepon : 085774991649
Email : pemerintahdesakarangwuni@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:105
    Kemarin:434
    Total Pengunjung:115.938
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.225.221.130
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

05 Maret 2019 | 34.564 Kali
Profil Wilayah Desa
05 Maret 2019 | 34.563 Kali
Profil
05 Maret 2019 | 34.535 Kali
Sejarah Desa
05 Maret 2019 | 34.528 Kali
Pemerintah desa
29 Maret 2019 | 34.520 Kali
Maklumat PPID
05 Maret 2019 | 34.489 Kali
Data Desa
22 Januari 2019 | 34.458 Kali
Visi Misi

Data Klinis Covid-19

DATA KLINIS COVID 19 KALURAHAN KARANGWUNI