SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KALURAHAN KARANGWUNI

Artikel

Sosialisasi Pelaksanaan Qurban dalam Masa Wabah PMK

29 Juni 2022 15:24:07  Karangwuni Digicom  68 Kali Dibaca  Berita Desa

Karangwuni (29/6) - Pemerintah Kalurahan Karangwuni bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo serta Kantor Urusan Agama (KUA) Wates menyelenggarakan sosialisasi pelaksanaan Qurban dalam masa wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Rabu, 29 Juni 2022. Acara sosialisasi diselenggarakan di Balai Kalurahan Karangwuni, Wates, Kulon Progo.

Hadir dalam acara sosialisasi dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, KUA Wates, Pemerintah Kalurahan Karangwuni, Bhabinkamtibmas Kalurahan Karangwuni dan Takmir Masjid se-Kalurahan Karangwuni. 

Sosialisasi yang diselenggarakan pada hari Rabu ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait tata cara pelaksanaan Qurban di tengah wabah virus PMK yang saat ini tengah terjadi. Seperti kita ketahui bersama bahwa virus PMK ini menyerang Sapi dan domba yang mayoritas menjadi hewan yang disembelih pada saat Qurban.

Anwar Musadad selaku Lurah Karangwuni menyampaikan bahwa  untuk memberikan wawasan kepada masyarakat terkait pelaksanaan Qurban di tengah wabah virus PMK, maka Pemerintah Kalurahan Karangwuni melalui APB Kalurahan Karangwuni Tahun 2022 mengadakan sosialisasi.

"Pelaksanaan ibadah Qurban di tengah wabah virus PMK yang menyerang tentu saja memerlukan perlakuan khusus. Bagaimana dan seperti apa baiknya pelaksanaan Qurban, nantinya akan disampaikan oleh ahli yang membidangi dalam hal ini dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo dan KUA Wates," Jelas Anwar Musadad.

Persyaratan hewan yang dapat dijadikan hewan qurban tentunya harus memenuhi syariat Islam yang antaranya sehat, tidak cacat, tidak kurus, berjenis kelamin jantan, tidak dikebiri, dan cukup umur. Jika dilihat dari syarat sehat, maka salah satunya tentu hewan qurban tersebut tidak menunjukkkan gejala PMK seperti lesu, lepuh pada permukaan selaput mulut, lidah, gusi, hidung dan teracak atau kuku, serta mengeluarkan air liur berlebihan.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo memaparkan materi terkait dengan Pelaksanaan Qurban dalam Situasi Wabah PMK. Dalam materi pemaparan, disampaikan bahwa virus PMK tidak menular kepada manusia, akan tetapi manusia dapat menularkan virus PMK kepada hewan ternak khususnya Sapi/ Domba.

Selain itu, dalam pemaparan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo juga disebutkan bahwa Hewan ternak yang penah terkena PMK boleh disembelih, dengan syarat hewan tersebut sehat tidak menunjukkkan gejala PMK seperti lesu, lepuh pada permukaan selaput mulut lidah gusi hidung dan teracak atau kuku, dan mengeluarkan air liur berlebihan.

Selanjutnya, Bagaimana perlakuan terhadap daging hewan ternak yang pernah menderita PMK ?

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo menyebutkan bahwa perlakuan daging hewan ternah yang pernah menderita PMK maka: 

  • Daging tidak boleh dicuci dengan air
  • Daging segera diolah, dipanaskan / direbus selama 30 menit dengan panas 70 derajat celcius.
  • Daging dilayukan dahulu dengan cara disimpan didalam kulkas selama 24 jam, kemudian baru disimpan di freezer

Selengkapnya terkait materi sosialisasi dapat diunduh pada lampiran berikut:

 

 

Download Lampiran:
MATERI SOSIALISASI PELAKSANAAN QURBAN DI TENGAH WABAH PMK

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Sinergi Program

Agenda

Aparatur Kalurahan

Back Next

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : KARANGWUNI, WATES, KULON PROGO
Kalurahan : KARANGWUNI
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55653
Telepon : 085774991649
Email : pemerintahdesakarangwuni@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:207
    Kemarin:896
    Total Pengunjung:65.658
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.225.8
    Browser:Tidak ditemukan

Data Klinis Covid-19

DATA KLINIS COVID 19 KALURAHAN KARANGWUNI

Statistik SID