SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KALURAHAN KARANGWUNI

Artikel

UKBM Bulan April: Pertemuan Rutin, Koordinasi, dan Monitoring

27 April 2022 11:42:18  Karangwuni Digicom  75 Kali Dibaca  Berita Desa

Karangwuni - (27/4). Seperti bulan-bulan sebelumnya, Pemerintah Kalurahan Karangwuni telah mengadakan pertemuan rutin UKBM pada bulan April. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu (27/4) di Aula Balai Kalurahan Karangwuni.

Acara dihadiri oleh unsur Puskesmas Wates, PLKB Kapanewon Wates, dan Kader Kalurahan Karangwuni. Selain sebagai pertemuan rutin dan koordinasi, pertemuan UKBM bulan ini sekaligus digunakan untuk monitoring kegiatan.

Saat ini, kondisi anak rentan stunting yang telah mendapatkan PMT rutin telah mengalami perubahan. KPM melaksanakan kegiatan seperti biasa dan mendata balita yang masuk PAUD. Pendamping stunting masih tetap melakukan pendampingan keluarga. Survei jentik di Padukuhan Kriyan pada bulan-bulan sebelumnya dilakukan dengan mendatangi setiap rumah, akan tetapi ke depannya hanya akan mendatangi 40 rumah sebagai sampel.

Setelah monitoring beberapa kegiatan, dilanjutkan dengan pemberian pita lila dari Puskesmas Wates dan masing-masing padukuhan mendapatkan sebanyak 2 pita. 

Rismawati selaku pegawai Puskesmas Wates menyampaikan bahwa pita lila digunakan untuk balita usia 6-59 bulan dan dapat digunakan untuk skrining balita gizi buruk.

"Pita lila ini digunakan untuk balita usia 6-59 bulan dan bisa digunakan untuk skrining gizi buruk. Jika dilihat, dalam pita lila ada 3 warna, yaitu warna merah artinya masuk gizi buruk, kuning artinya kurang, dan hijau normal," jelas Rismawati.

Sesuai dengan penjelasan yang diberikan Rismawati, cara penggunaan pita lila balita sama dengan pita lila ibu hamil, yang diukur adalah lengan sebelah kiri. Pengukuran dilaksanakan minimal 2 kali dalam satu tahun (dapat dilaksanakan saat psh atau bersamaan dengan vitamin A). Jika ingin diajukan maka dapat dilaksanakan pada bulan Januari dan Juli.

Kasus gizi buruk masih sama dengan bulan sebelumnya, Kecamatan Wates memiliki 9 anak yang mengalami gizi buruk dan Kalurahan yang lolos hanya Kalurahan Karangwuni dan Kulwaru.

"Ciri gizi buruk jenis Marasmik tulang iga terlihat tapi perut tidak buncit, jenis kwashiorkor tulang iga tidak terlihat tapi perut buncit, jenis marasmik-kwashiorkor tulang iga terlihat, perut buncit, rambut kliwis, dan muka tampak seperti orang tua," jelas Rismawati.

Filia selaku PLKB (Petugas Lapangan Keluarga Berencana) Kapanewon Wates menyampaikan informasi terkait kegiatan baksos dan pelaksanaan pendampingan TPK.

"Karena bulan puasa, kegiatan baksos pelayanan KB bulan April tidak diadakan dan akan dilaksanakan kembali besok tanggal 10 Mei di Bidan Sri Eddy. Sedangkan baksos MOW akan dilaksanakan di RSKIA Sadewa. Pendampingan calon pengantin, ibu hamil, dan ibu nifas oleh TPK di wilayah masing-masing sudah berjalan. Namun, untuk pendampingan baduta dan balita belum maksmimal dapat langsung dilaksanakan saat kegiatan posyandu," tegas Filia PLKB Kapanewon Wates.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Sinergi Program

Agenda

Aparatur Kalurahan

Back Next

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : KARANGWUNI, WATES, KULON PROGO
Kalurahan : KARANGWUNI
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55653
Telepon : 085774991649
Email : pemerintahdesakarangwuni@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:409
    Kemarin:477
    Total Pengunjung:35.405
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.94.86
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

05 Maret 2019 | 34.380 Kali
Profil Wilayah Desa
05 Maret 2019 | 34.377 Kali
Profil
05 Maret 2019 | 34.365 Kali
Pemerintah desa
29 Maret 2019 | 34.362 Kali
Maklumat PPID
05 Maret 2019 | 34.356 Kali
Sejarah Desa
05 Maret 2019 | 34.346 Kali
Data Desa
22 Januari 2019 | 34.334 Kali
Visi Misi

Data Klinis Covid-19

DATA KLINIS COVID 19 KALURAHAN KARANGWUNI

Statistik SID