SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KALURAHAN KARANGWUNI

Artikel

Ayo, Jual Beli Sayur Melalui Online, Lebih Menguntungkan Petani

27 Januari 2021 08:54:26  Administrator  433 Kali Dibaca  Program Kerja

 

Para petani bisa menarik nafas lega sekarang ini. Soalnya, sekarang telah banyak muncul perusahaan jual beli sayur melalui online alias internet. Jual beli sayur online? Ya, jadi jual beli online tidak hanya bisa dilakukan untuk pakaian, HP atau barang elektrik lainnya. Melainkan juga bisa dijalankan para petani untuk menjual sayur-mayur mereka.

Pertanyaannya, apakah bisa sayur tetap segar ketika sampai ke tangan pembeli. Apakah cucuk jualan sayur melalui internet karena harga sayur kan tidak seperti harga sepatu atau celana jean? Apakah cara jualan seperti ini memberi keuntungan bagi petani? Dan semua pertanyaan itu terjawab dengan sangat baik oleh cara ini.

Jualan Sayur Online Menguntungkan Petani

Salahsatu peluang yang mendorong lahirnya Marketplace (Pasar Online) produk pertanian adalah karena selama ini tata laksana jual beli produk pertanian seringkali merugikan petani. Ini terjadi karena rantai usaha bisnis ini sudah dikuasai tangan tengkulak. Hasilnya, petani tak pernah mendapatkan harga yang baik. Bahkan ketika harga cabai melambung tinggi, para petani hanya mendapatkan sedikit saja tambahan keuntungan. Yang paling untung tetap saja tengkulak karena bukan rahasia lagi, naik-turunnya harga adalah bagian dari permainan para tengkulak ini.

Nah, jangan kawatir, jual beli online produk pertanian akan membuat nasib petani akan lebih baik. Soalnya, cara transaksi ini akan membuat petani mendapatkan harga yang tinggi bagi produk pertaniannya. Uniknya, si pembeli juga akan mendapatkan harga yang lebih murah. Loh, kok bisa?

Ya, soalnya, jual beli online mampu memotong banyak jalur distribusi produk pertanian. Jalur yang selama ini melalui berbagai tingkatan itu terpotong dan hanya tinggal beberapa pihak saja. Sehingga produk pertanian lebih cepat sampai ke tangan konsumen. Inilah yang membuat harga menjadi lebih tinggi bagi penjual dan lebih murah bagi pembeli. Asyik bukan?

Tapi, bagaimana bisa sayur-mayur tetap segar sampai tangan pembeli dalam kondisi segar? Jadi, cara berdagang online sayur-mayur itu berbeda dengan cara jualan HP. Ketika ada seorang pembeli di Yogyakarta memesan Tomat, maka tomat itu diambilkan dari petani di tempat paling dekat dengan pembeli. Para petani itu adalah petani yang telah terdaftar sebagai penjual di aplikasi itu.

Jangan kawatir, berbagai komoditas atau produk yang ditawarkan juga telah melewati proses checking sehingga dipastikan barangnya ada. Soalnya, jika barangnay tak ada maka dalam kolom penjualan pasti akan tertulis barang habis atau sedang tidak tersedia. Soalnya, sayur-mayur bukan buatan pabrik melainkan tumbuh di alam sehingga tidak bisa produksinya diatur sebagaimana HP atau sepatu.

Jadi, dibalik berbagai barang yang terpajang pada halaman penjualan, pihak penyelenggara atau pemilik aplikasi telah bekerjasama dengan petani, kelompok tani dari berbagai daerah yang telah mendaftarkan diri dan memastikan mereka punya jenis-jenis produk tertentu yang siap dipasarkan. Lalu tentu saja apa yang Anda pesan tidak bisa langsung datang, melainkan harus menunggu satu atau dua hari. Bagi produk pertanian atau perkebunan tertentu bakal membutuhkan waktu lebih lama karena menunggu panenan. Tapi sejauh ini, untuk berbagai jenis sayur-mayur yang umum dikonsumsi keluarga di Indonesia, berbagai jenis sayur-mayur itu gampang dipesan setiap hari. \

Sistem Transaksi

Sebagaimana toko online, sistem transaksi yang disediakan umumnya melalui transfer rekening atau menggunakan pengganti pembayaran yang lain. Hal ini berbeda-beda pada masing-masing Marketplace-nya, tergantung model yang mereka gunakan. Yang pasti umumnya menggunakan pola transfer seperti toko online lainnya.

Jadi, inilah saatnya para petani Go Online dan mulai menikmati harga yang lebih adil untuk kerja keras mereka telah bertani sayur. Jadi sistem jual beli online produk pertanian ini benar-benar memberi keuntungan dua belah pihak.

Berbagai Marketplace yang bisa Anda datangi untuk membeli sayur seperti Tanuhub, Petani, Pantauharga, Limakilo, Agrimaret, Simplyfresh dan sebagainya. Anda tinggal buka Google lalu tulis saja tempat jual beli sayur online dan Anda tinggal memilih, ada banyak pilihan di sana. Anda tinggal memilih pula, mau menjadi penjual atau pembeli. (arya/karangwuni.id)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Sinergi Program

Agenda

Aparatur Kalurahan

Back Next

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : KARANGWUNI, WATES, KULON PROGO
Kalurahan : KARANGWUNI
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55653
Telepon : 085774991649
Email : pemerintahdesakarangwuni@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:230
    Kemarin:377
    Total Pengunjung:17.351
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.200.25.51
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

29 Maret 2019 | 34.324 Kali
Maklumat PPID
05 Maret 2019 | 34.322 Kali
Profil
05 Maret 2019 | 34.315 Kali
Profil Wilayah Desa
05 Maret 2019 | 34.314 Kali
Sejarah Desa
05 Maret 2019 | 34.311 Kali
Pemerintah desa
05 Maret 2019 | 34.311 Kali
Data Desa
22 Januari 2019 | 34.301 Kali
Visi Misi

Data Klinis Covid-19

DATA KLINIS COVID 19 KALURAHAN KARANGWUNI

Statistik SID